Total Tayangan Laman

Sabtu, 10 Maret 2012

rangkuman kerajaan hindu di Indonesia


Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
1.       Kerajaan Holing
·         Pendiri+Tahun                  : -(TD) ,Tahun 664
·         Hal – hal penting              : Pendeta Hwining dari Cina dan pembantunya Yunki menerjemahkan
kitab suci Buddha ke dalam bahasa Cina. Kitab terjemahannya adalah bagian terakhir kitab Virinirvana yang mengisahkan pembukaan jenazah Sang Budha.
·         Silsilah Raja                         : Ratu Sima (tahun 674)
·         Pemerintah & Ekonomi : Pemerintahan yang keras dan menjunjung tinggi kejujuran.
2. Kerajaan Mataram Kuno
·         Pendiri+Tahun                  : Raja Sanjaya ,Abad ke 8
·         Hal – hal penting              : Raja terbesar pada kerajaan ini adalah Balitung dan dibagi menjadi tiga jabatan penting. Pemerintahan Raja Pikatan menghasilkan banyak candi. Pada saat pemerintahan Panangkaran,kekuasaan berhasil direbut oleh Syilendra.
·         Silsilah Raja                         : Wangsa Sanjaya: Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya,Sri Maharaja Rakai Panangkaran,Sri Maharaja rakai Panunggalan, Sri Maharaja rakai Warak,Sri Maharaja Rakai Garung, Sri Maharaja Rakai Pikatan,Sri Maharaja Rakai Kayuwangi. Dinasti Syailendra: Bhanu,wisnu,Indra,Samaratungga
·         Pemerintah & Ekonomi : Pemerintahan Panangkaran hingga Raja Pikatan banyak menghasilkan candi-candi.
3. Kerajaan Sriwijaya
·         Pendiri+Tahun                  : Dapunta Hyang,Abad ke-7
·         Hal – hal penting              : Pernah menjadi kerajaan besar di nusantara. Mendapat julukan Kerajaan Nasional I pada masa kepemimpinan Raja Balaputradewa. Mencapai masa kejayaan saat kepemimpinan Balaputradewa (7-8 M)
·          Silsilah Raja                        : Raja Balaputradewa (abad 7-8 Masehi)
·         Pemerintah & Ekonomi : Termasuk Negara Maritim,menguasai jalur perdagangan melalui Selat Malaka,Selat Sunda,Semenanjung Malaya. Negara Nasional pertama dengan wilayah yang luas. Bidang Ekonomi: Menguasai perdagangan di wilayah perairan Asia Tenggara. Bidang agama: Pusat agama Buddha Mahayana di Asia Tenggara.
4. Kerajaan Kutai
·         Pendiri+Tahun                  : Aswawarman ,400-500 Masehi.
·         Hal – hal penting              : Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu pertama di Indonesia. Raja Mulawarman pernah memberikan hadiah 1000 ekor lembu kepada kaum Brahmana.
·         Silsilah Raja                         : Kudungga, Aswawarman, dan Mulawarman.
·         Pemerintah & Ekonomi : Perdagangan dan Pelayaran menjadi mata pencaharian utama penduduk kerajaan Kutai. Rakyat Kutai sudah aktif terlibat perdagangan internasional. Bidang Agama: masyarakat Kutai memeluk agama Syiwa.


5. Kerajaan Kediri
·         Pendiri+Tahun                  : Airlangga ,Tahun 1042 Masehi
·         Hal – hal penting              :Kerajaan Kediri adalah pecahan Kerajaan Kahuripan,yang dibagi oleh Airlangga karena tidak menginginkan terjadi pertumpahan darah diantara kedua anaknya.
·         Silsilah Raja                         : Raja Mapanji (1042M-1052M), Raja Mapanji Alanjung (1052M-1059M), Sri Maharaja Samarotsaha (1059M-1116M), Raja Baweswara(1116M-1135M), Raja Jayabaya(1135M-1159M), Raja Sarweswara(1159M-1169M), Raja Kameswara(1182M-1185), Raja Kertajaya(1185M-1222M)
·         Pemerintah & Ekonomi : Perkembangan masyarakatnya lebih maju dibandingkan masyarakat yang hidup dimasa sebelumnya.
6. Kerajaan Singasari
·         Pendiri+Tahun                  : Ken Arok,Tahun 1222
·         Hal – hal penting              :Ken Arok hanya berkuasa selama 5 tahun karena ia dibunuh oleh Anusapati(anak dari Kendedes dan Tunggul Ametung). Raja terbesar Singasari adalah Kertanegara. Pergantian raja-raja di Singasari selalu disebabkan karena terbunuhnya raja oleh orang-orang yang menyimpan dendam pada raja.
·         Silsilah Raja                         : Ken Arok (1222-1227), Anusapati(1227-1248), Tohjoyo (1248), Ranggawuni (1248-1268), Kertanegara (1268-1292)
·         Pemerintah & Ekonomi : Pada saat pemerintahan Raja Kertanegara Kerajaan Singasari memiliki wilayah yang luas,perkembangan masyarakat,pemerintahan dan kebudayaan sudah maju,hal ini dibuktikan dengan peninggalan sejarah kerajaan Singasari.
7. Kerajaan Majapahit
·         Pendiri+Tahun                  : Raden Wijaya,Tahun 1293
·         Hal – hal penting              :wilayah majapahit pada masa raja Hayam wuruk mencapai luas ±wilayah Negara Indonesia saat ini. Pada masa Raden wijaya ia dibantu oleh tiga orang menteri, yaitu I Hino,I Sirikan,dan I Halu. Gajah Mada mengeluarkan sumpah Palapa yang ingin mempersatukan nusantara. Raden wijaya dianggap sebagai penjelmaan dewa dan memegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan.
·         Silsilah Raja                         : Raden Wijaya(1293-1309),Jayanegara(1309-1328), Tribhuanatunggadewi Jayawisnuwardhani(1328-1350), Hayam Wuruk (1350-1389)
·         Pemerintah & Ekonomi : Pemerintahan yang dijalankan adalah dengan sistim sipil dan militer. Kebudayaan berupa kesusastraan mulai muncul dengan adanya kitab Negarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca dan KItab Sutasoma (Mpu Tantular).
8. Kerajaan Tarumanegara
·         Pendiri+Tahun                  : Purnawarman ,Abad ke 5 Masehi
·         Hal – hal penting              : Prasasti tugu berisi tentang ibukota kerajaan Tarumanegara. Penggalian sungai Cabdrabaga yang dilakukan pad amasa pemerintahan Raja Purnawarman bertujuan untuk menghindari banjir dan kekeringan. Ditemukan 7 prasasti peninggalan Tarumanegara yaitu(prasasti Ciaruteun,prasasti Pasir Kaleangkak,prasasti kebon Kopi,prasasti Tugu,prasasti Pasir Awi,prasasti Muara Cianten dan prasasti Cidanghiang(Lebak) 
·         Silsilah Raja                         : Raja Purnawarman
·         Pemerintah & Ekonomi : kehidupan masyarakat menjadi lebih tertata dan teratur dari yang sebelumnya yang berupa kelompok-kelompok. Dan Pemerintahan lebih berkembang. Kehidupan masyarakat yang Agraris.
Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
1.       Kerajaan Samudra Pasai
·         Pendiri+Tahun                  : Laksamana Nazimudin Al Kamil ,Abad ke 13
·         Hal – hal penting              : Adanya aliran Syi’ah dan aliran Syafi’i. pada saat pemerintahan Al Malikuzzair kerajaan Samudra Pasai dikunjungi oleh ibnu batutah (utusan dari Delhi). Pada masa Ahmad Al Tahir ditemukan uang emas deureuham.
·         Silsilah Raja                         : Laksamana Nazimudin Al Kamil, Dinasti Fatimah, Dinasti Mameluk, Sultan Malik Al Shaleh(1285-1297), Al Malikuzzair(1297-1302), Al Malikuzzair II, Ahmad Al Tahir (1345)
·         Pemerintah & Ekonomi : Pada masa pemerintahan sultan Malik Al Shaleh dimajukan dengan perdagangan dan penyebaran agama Islam.
2. Kerajaan Aceh
·         Pendiri+Tahun                  : Sultan Ali Mughayat Syah ,Tahun 1514
·         Hal – hal penting              : Mengalami kemajuan saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Tata pemerintahan Aceh diatur dalam undang-undang yang disebut Adat Mahkota Alam. Menjadi pusat penyebaran Islam di Asia Tenggara. Disebut juga dengan Serambi Mekkah.
·         Silsilah Raja                         :Sultan Ali Mughayat Syah(1514-1528), Sultan Iskandar Muda(1607-1636), Sultan Iskandar Tani,
·         Pemerintah & Ekonomi : Perdagangan menjadi mata pencaharian utama.Adanya penarikan pajak dan cukai dari pajak pasar dan cukai intan.
3. Kerajaan Demak
·         Pendiri+Tahun                  : Raden Patah(Pangeran Jimbun) ,Abad ke 16
·         Hal – hal penting              : Letak Kerajaan yang strategis(pada jalur perdagangan internasional) membuat kerajaan ini maju pesat. Raden Patah adalah keturunan Brawijaya dan setelah ia diangkat menjadi bupati Demak Bintoro ia bergelar Sultan Alam Akbar al-fatah(Raden Fatah) pada tahun 1500. Pada waktu pemerintahan Pati Unus ia menyerang Portugis dengan 100 kapal tetapi tidak semuanya berhasil. Sultan Trenggono mengutus Fatahillah untuk menyerang Portugis di Selat Sunda (1527) dan terjadi persetujuan “Henrique Leme” antara Portugis denga Pajajaran untuk mendirikan benteng Sunda Kelapa 
·         Silsilah Raja                         : Raden Patah (abad 16),Pati Unus (1518-1521), Sultan Trenggono (1521-1546)
·         Pemerintah & Ekonomi : menjadi Negara maritime
4. Kerajaan Pajang
·         Pendiri+Tahun                  : Jaka Tingkir (Hadiwijaya) 1568
·         Hal-hal penting                 : Jaka Tingkir mengalahkan Arya Penangsang dibantu oleh Kyai Ageng Pemanahan dan sebagai hadiahnya Jaka Tingkir memberikan daerah Mataram pada Kyai Ageng Pemanahan.
·         Silsilah Raja                         : Jaka Tingkir (1568-1582), Arya Pangiri (1582-1586),
·         Pemerintah & Ekonomi : banyak menghasilkan berbagai kebudayaan daerah.
5. Mataram Islam
·         Pendiri+Tahun                  : Sutawijaya ,1586
·         Hal-hal penting                 : Untuk memperluas wilayah kekuasaannya,Sutawijaya memerangi bupati pesisir yang tidak mau tunduk kepada kerajaan mataram. Saat Mas Jolang ingin merebut kembali daerah pantai ia gugur di daerah Krapyak. Sultan Agung berhasil menyatukan pulau Jawa sehingga banyak terjadi peperangan dalam proses penyatuan tersebut. Sultan Agung mengarang kitab Sastra Gending yang merupakan kitab filsafat, Nitisruti dan Asthabrata berisi ajaran tabiat baik. Belanda dan VOC sangat mempengaruhi pemerintahan Mataram Islam. Perang Mahkota I (1704-1708), Perang Mahkota III (1755-1947)
·         Silsilah Raja                         : Sutawijaya (1586-1601), Mas Jolang, Sultan Agung Anyarkusuma (1613-1645), Amangkurat I, Amangkurat II, Amangkurat III, Paku Buwono I (1708-1719), Amangkurat IV (1719-1727), Paku Buwono II (1727-1749), Paku Buwono III
·         Pemerintah & Ekonomi : Negara Agraris, Adanya budaya Kejawen(akulturasi budaya Indonesia-Budha), Sastra berkembang dengan adanya kitab Sastra Gending,Niti Sruti dan Niti Sastra, Mengadakan upacara Maulud Nabi Muhammad dengan Grebeg.

6. Kerajaan Banten
·         Pendiri+Tahun                  : Fatahillah (1527)
·         Hal-hal penting                 : Fatahillah menyerahkan kepemimpinan kerajaan Banten kepada putranya,Hasanudin sedangkan ia melanjutkan berdakwah di Cirebon. Pada masa pemerintahan Hasanudin Banten mengalami kemajuan di bidang perdagangan dan perluasan wilayah sampai Lampung dan Sumatera Selatan. Pajajaran berhasil ditaklukkan pada masa pemerintahan  Panembahan Yusuf. Maulana Muhammad menyambut kedatangan Belanda sehingga ia diberi gelar Ratu Banten. Pada masa Sultan Ageng Tirtayasa telah dilakukan pembangunan jalan raya,pelabuhan,pasar,dan masjid. Sultan Ageng Tirtayasa membangun Armada Laut dan menyebabkan VOC di Batavia sepi.
·         Silsilah Raja                         : Sultan Hasanudin (1552-1570), Maulana Yusuf (1570-1580), Maulana Muhammad (1580-1597), Sultan Abdul Mufakir (1597-1640),Abu Mali Ahmad (1640-1651), Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1672)
·         Pemerintah & Ekonomi : Perdagangan di Banten sangat maju karena adanya pelabuahan. Banyak terjadi pembangunan seperti jalan raya,pelabuhan,pasar dan masjid.

7. Kerajaan Goa-Tallo
·         Pendiri+Tahun                  : Sultan Hasanuddin (1653)
·         Hal-hal penting                 : wilayah kekuasaan Makassar berhasil diperluas sampai ke Maros, Bulukumba, Mandar, Sulawesi Utara, Luwu Butan, Selayar,Sumbawa dan Lombok. VOC sangat merugikan bagi kerajaan Goa-Tallo karena VOC mengadakan perjanjian dengan Hasanuddin.
·         Silsilah Raja                         : Sultan Hasanuddin (1653-1669)
·         Pemerintah & Ekonomi : Pelayaran dan perdagangan menjadi unggulan di Makassar. Peninggalan budayanya, perahu pinisi,tambo dan bercadik. Buku tentang hokum laut dan perniagaan,yaitu Ade’ Allopiloping Bicaranna Pabbalu’e dan naskah Lontar karya Amanna Gappa

8. Kerajaan Ternate dan Tidore

·         Pendiri+Tahun                  : TD
·         Hal-hal penting                 : kerajaan Ternate terdiri dari daerah Ternate,Obi, Bacan, Seram dan Ambon (Uli Lima), Tidore terdidi dari daerah Makyan, Jailolo,dan daerah antara Halmahera-Irian disebut Uli Siwa. Ketika Portugis dating ke Ternate,mereka bersekutu dengan Portugis.
·         Silsilah Raja                         :  Molomateya(1350-1357), Zainal Abidin(1486-1500), Sultan Hairun (1550-1570), Sultan Baabullah (1570-1583)
·         Pemerintah & Ekonomi : Perdagangan yang utama adalah cengkeh,pala, rempah-rempah dan ramuan obat.















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar